Animasi Keren Itu Disebut Sakuga

Pernahkah kamu terkagum-kagum ketika menyaksikan sebuah adegan animasi tertentu di anime? Selamat, kamu baru saja menemukan sebuah Sakuga.

sakuga1

Secara literal, Sakuga (作画) bisa diterjemahkan sebagai “gambar”, atau “animasi”. Namun ketika membahas Sakuga dalam ruang lingkup tertentu, istilah tersebut bisa digunakan untuk membahas sebuah adegan anime yang menghadirkan animasi yang luar biasa keren.

Sakuga umumnya terasa spesial, mengingat produksi anime Jepang sangat erat dengan pengetatan anggaran, karenanya tidak mengherankan kita lebih sering menyaksikan animasi mulut bergerak saja dibandingkan dengan adegan-adegan keren seperti ini.

Selain itu, sakuga biasanya hanya digunakan pada adegan-adegan tertentu saja, seperti misalnya adegan pertarungan ataupun adegan yang emosional.

Proses Animasi dan Kaitannya dengan Sakuga

Biasanya dalam proses produksi animasi terdapat dua jenis animasi, yaitu: key animation, dan in-between animation.

Key animation dibuat oleh animator yang menggambar key frames. Key frame adalah frame yang menggambarkan posisi awal hingga akhir sebuah gerakan, animator yang baik mampu menentukan peletakan key frame dengan baik.

Sedangkan in-between animation merupakan frame yang menghubungkan key frame, secara sederhana in-between berfungsi untuk memperhalus transisi key frame.

Namun berbeda dengan ‘yang biasa’, gak jarang sakuga hanya dibuat sendiri oleh seorang key animator (Tapi tentu terkadang ada juga tim khusus yang terlibat dalam pembuatan sakuga). Karenanya tidak mengherankan apabila key animator memiliki gaya tersendiri. Sekalipun tidak mengenal nama animatornya, kamu mungkin pernah melihat Itano Circus atau Gaya Kanada.

Saking banyak yang mencoba mengikuti gaya Kanada, penggunaanya sangat luas dan banyak yang mengembangkan gaya baru. Salah satu yang paling terkenal adalah Hiroyuki Imaishi, yang merupakan pendiri dari studio TRIGGER.

Masa Depan Sakuga

Diantara kalian pasti pernah membaca artikel mengenai seorang animator yang harus membayar untuk bekerja, atau seorang sutradara anime yang mengungkapkan keraguannya atas masa depan anime.

Seorang animator junior umumnya akan melalui masa pelatihan selama 3 tahun, dimana mereka bertugas menangani animasi in-between, setelah itu barulah mereka mengikuti semacam ujian sebelum bisa naik pangkat menangani key-animation.

Tidak sedikit animator junior yang berguguran dalam 3 tahun pertamanya, karenanya banyak animator yang terkenal dengan sakuganya sudah mendekati usia pensiun. Masalah ini bahkan sudah diamini oleh kreator Evangelion, Hideaki Anno, yang menyatakan bahwa dalam 5 tahun kedepan, sumber daya manusia dan sumber dana akan menjadi masalah baru bagi industri anime.

Tapi penggemar sakuga (dan anime pada umumnya) mungkin masih bisa menarik napas lega dan menaruh harapan pada beberapa proyek-proyek yang bertujuan untuk meregenerasi animator. Salah satunya adalah Young Animator Training Project yang diadakan oleh pemerintah Jepang.

Beberapa animator muda pun sudah mulai menghasilkan sakuga yang mengundang rasa kagum, beberapa diantaranya bahkan bukan orang Jepang, seperti KiloCrescent yang menangani animasi di To Be Hero.

e7db3eb3c4d56e6a44eb0a9120952542.gif

Atau lan, yang bertanggung jawab sebagai sutradara animasi dan animator utama serial tersebut.

5caf94af0da8d18d049387cf62d33ee6

Nah, Ingin mencoba mengenal nama-nama dari para animator yang berjasa menghadirkan sakuga di anime yang kita tonton? Kalian bisa mulai membuka website seperti sakugabooru dan mari kita berharap di tahun 2017 ini kita akan bisa melihat lebih banyak sakuga bermunculan!

Sumber [1] [2] [3]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s